Tips mengemas pesan untuk mendorong aksi perubahan iklim

Oleh Kedung Soejaya
26 November, 2024
Organisasi masyarakat sipil (OMS) bekerja tanpa kenal lelah untuk mendorong aksi terhadap perubahan iklim. Namun, apakah pesan mereka telah sampai kepada orang yang tepat, serta mampu memberikan dampak nyata? Untuk mengetahuinya, C4C bekerja sama dengan Development Dialogue Asia (DDA) untuk mengeksplorasi bagaimana berbagai kelompok audiens di Indonesia memandang pesan tentang perubahan iklim. Hasilnya? Kami membagikan sebuah buku panduan yang dirancang untuk membantu OMS memperkuat strategi yang relevan, serta dapat mendorong aksi. Berikut ini adalah wawasan utama dari buku panduan kami tentang bagaimana OMS bisa mengemas pesan perubahan iklim yang ideal.
Tak hanya tersampaikan, pesan juga harus mampu menggugah audiens
Aspek penting dalam membuat pesan yang efektif adalah menyusunnya agar dapat menyentuh sisi emosional audiens. Untuk menciptakan pesan perubahan iklim yang menarik, sangat penting untuk menyesuaikannya dengan nilai-nilai serta kekhawatiran unik dari setiap kelompok audiens. Dalam buku panduan kami, kami merekomendasikan penggunaan framing moral yang dapat disesuaikan dengan karakteristik audiens Indonesia sebagai berikut:
Gambar 1. Framing Moral dari Pesan Perubahan Iklim
Mari bekerja sama dengan kami untuk membingkai pesan perubahan Anda
Dalam rangka mendorong keterlibatan yang bermakna, pesan perubahan iklim harus bisa menghubungkan sisi praktis dan emosional dari kacamata audiens. Dengan fokus terhadap hal-hal yang paling penting bagi audiens—baik itu keselamatan keluarga, solidaritas komunitas, maupun pelestarian mata pencaharian—Anda dapat memastikan pesan Anda beresonansi untuk menginspirasi aksi.

C4C punya keahlian dalam merancang pesan perubahan iklim yang berdampak juga memikat. Hubungi kami hari ini untuk mempelajari cara menyusun pesan menggugah yang mampu mendorong perubahan.
Tertarik untuk mempelajarinya?
Atur janji bicara

Related Articles