Apa yang bisa kita lakukan untuk membuat masyarakat lebih paham dan lebih peduli? Kami percaya bahwa pesan tentang perubahan iklim yang efektif mendatangkan perubahan ini adalah yang bisa membuat orang awam bisa membayangkan hubungan antara penyebab perubahan iklim dengan berbagai dampak yang telah mereka alami di lingkungan terdekatnya.
Penelitian dari Amerika Serikat mengkonfirmasi bagaimana pesan tentang perubahan iklim yang membawa istilah-istilah asing dan rumit bagi orang awam seperti “emisi gas rumah kaca”, “dekarbonisasi”, “antropogenik” membuat mereka malah justru mengabaikannya.
Sayangnya kami kerap menjumpai contoh-contoh bagaimana bahasa dalam pesan perubahan iklim cukup sukar dicerna orang awam yang belum termotivasi untuk mempelajarinya dengan mendalam. Contoh-contoh ini kami temui dalam penjelasan tentang perubahan iklim yang kami temukan dari laman instansi pemerintah, media nasional, dan unggahan beberapa OMS di media sosial.