Menciptakan dampak positif melalui upaya advokasi, pengaruh kebijakan, dan keterlibatan publik, merupakan bagian dari perjuangan organisasi masyarakat sipil (OMS) di Indonesia. Namun, OMS sering menghadapi tantangan komunikasi akibat perbedaan tingkat pemahaman di antara audiens dan pemangku kepentingan terkait isu-isu yang mereka tangani.
Untuk menjembatani kesenjangan ini, Communication for Change (C4C), dengan dukungan dari Ford Foundation, menginisiasi serangkaian pelatihan dengan materi yang meliputi cara memecahkan masalah kompleks, melakukan presentasi yang berdampak, serta menyusun strategi
storytelling. Selain itu, kami juga memilih dua organisasi dari pelatihan ini untuk mendapatkan pendampingan langsung, guna meningkatkan keterampilan serta strategi komunikasi mereka secara lebih spesifik.
Rangkaian pelatihan dimulai dengan topik yang berkaitan dengan tantangan umum bagi OMSProgram C4C dimulai dengan serangkaian sesi pelatihan umum untuk berbagai OMS yang berfokus pada empat aspek:
- Design Thinking: Mendorong OMS untuk menghadapi masalah kompleks dengan solusi kreatif.
- Think Clearly, Present Better: Mengajarkan teknik komunikasi yang efektif untuk meningkatkan cara OMS menyampaikan hasil kerja mereka.
- Campaign for Social Change: Mengembangkan kampanye strategis yang bertujuan untuk mendorong perubahan sosial melalui advokasi.
- Crafting Stories of Change: Menggunakan teknik storytelling untuk membuat pesan OMS lebih mudah dipahami dan berdampak.
Setelah menyelesaikan sesi pelatihan awal yang diadakan pada Oktober 2021 hingga Februari 2022, C4C memilih dua peserta untuk mengikuti sesi capacity building yang telah disesuaikan dengan tantangan komunikasi spesifik mereka.
Dua OMS yang memiliki tantangan komunikasi unik terpilih untuk melakukan sesi lanjutanC4C memutuskan untuk melakukan
capacity building bagi dua organisasi terpilih karena melihat keduanya memiliki tantangan komunikasi yang unik. Untuk satu organisasi, C4C fokus pada pengembangan rencana diseminasi riset yang menyeluruh, serta pembuatan konten visual agar informasi kompleks lebih mudah dipahami oleh audiens mereka. Sedangkan bagi organisasi lainnya, bimbingan kami menekankan pada aspek pembangunan kemitraan, penulisan proposal yang efektif, serta presentasi yang persuasif, untuk meningkatkan daya tarik mereka di mata audiensnya. Melalui sesi yang terfokus ini, kedua organisasi memperoleh keterampilan yang disesuaikan untuk bisa menjangkau target audiens secara lebih baik, sekaligus memaksimalkan dampak kerjanya.
Komunikasi adalah aspek penting dalam mengelola organisasiProgram pelatihan C4C menawarkan keterampilan praktis yang membantu OMS meningkatkan cara mereka berkomunikasi, baik secara internal maupun eksternal. Lebih lanjut, peserta program pelatihan juga menemukan sesi-sesi kami bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari mereka, memberikan alat bantu untuk berinteraksi secara lebih efektif serta mampu menyampaikan misi mereka dengan jelas.
Dengan memberdayakan OMS melalui keterampilan komunikasi yang esensial, kegiatan ini meningkatkan kemampuan mereka untuk terhubung dengan pendukung dan pemangku kepentingan, sekaligus memperluas dampak yang dihasilkan.
Pelajari tentang pelatihan C4C untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang dapat memperkuat OMS Anda, sekarang.