Audit komunikasi adalah kunci untuk menemukan potensi dari sebuah organisasi, termasuk non-profit. Proses ini mampu mengungkap peluang yang belum dimanfaatkan dalam strategi komunikasi. Namun, tidak sedikit non-profit yang mungkin melewatkan langkah penting ini. Padahal, dengan audit berkala, kita dapat memastikan pesan organisasi tersampaikan dengan jelas, tepat sasaran, serta dieksekusi lewat kegiatan komunikasi yang baik.
Communication for Change (C4C) bersyukur dapat bekerja dengan Ashoka, organisasi visioner yang memahami pentingnya audit komunikasi. Proses audit komunikasi kami bersama Ashoka menjadi langkah awal untuk meningkatkan visibilitas merek dan memperkenalkan program-program mereka, terutama yang berfokus pada perempuan, anak-anak, dan keluarga.
Audit komunikasi menjadi langkah awal C4C untuk membantu Ashoka menyusun arah kegiatan komunikasinya
Pendekatan audit C4C dimulai dengan menilai indikator utama dari brand equity: kesadaran, kepercayaan, serta komitmen. Kami juga melakukan desk research, analisis platform digital, dan wawancara internal. Bagi Ashoka, proses ini mengungkap beberapa peluang pertumbuhan, termasuk cara meningkatkan lalu lintas situs web dan mengoptimalkan konten media sosial mereka. Selepas melakukan audit komunikasi yang komprehensif, kami pun membuat strategi yang dirancang khusus untuk membantu Ashoka memanfaatkan kekuatan yang sudah dimiliki, sekaligus memperluas jangkauannya.
Setelah melakukan audit, C4C menyusun strategi dan melaksanakan workshop untuk memperkuat kapasitas tim Ashoka
Selepas proses audit komunikasi, kami merancang Institutional Communication Strategy yang disesuaikan dengan kebutuhan Ashoka di Filipina dan Indonesia. Hal ini mencakup pembuatan pesan yang sesuai dengan kebutuhan berbagai kelompok audiens prioritas serta strategi konten digital. Kami juga merancang kerangka narasi untuk program-program prioritas Ashoka, memastikan setiap upaya mereka selaras dengan tujuan organisasi serta target audiens yang spesifik dari setiap program.
Lebih lanjut, untuk memperkuat kapasitas tim, kami menyelenggarakan Workshop on Message Articulation & Brand Building yang memberdayakan tim internal Ashoka agar dapat menjalankan inisiatif komunikasi dengan percaya diri.
Ashoka memulai langkah perubahan lewat audit komunikasi, dan organisasi Anda juga bisa
Audit komunikasi dapat memberikan manfaat besar. Bagi Ashoka, audit ini memberikan gambaran jelas tentang kondisi aktivitas komunikasi mereka, sehingga dapat menjadi dasar untuk meningkatkan visibilitas merek sebagai non-profit serta merancang strategi komunikasi program. Lewat kemitraan dengan C4C, Ashoka kini lebih siap mencapai tujuan komunikasinya dan memastikan pesannya bisa sampai ke audiens yang tepat.
Kami telah membuktikan bahwa audit komunikasi bisa menjadi kunci dari pertumbuhan organisasi non-profit. Apabila ingin mengoptimalkan potensi organisasi non-profit Anda, mari hubungi kami untuk sesi konsultasi gratis.