Buried Chapters adalah kampanye dari perusahaan produksi film
Talamedia, yang menampilkan serangkaian dokumenter untuk mengungkap sejarah pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia yang selama ini “terkubur.” Kampanye ini telah merilis empat film dokumenter di YouTube, menyajikan kesaksian langsung dari para saksi berbagai pelanggaran HAM di Indonesia. Dengan pendekatan animasi yang kreatif, film-film ini bertujuan untuk memicu diskusi, meningkatkan kesadaran, dan mendorong perubahan dalam lanskap hak asasi manusia di Indonesia.
Namun,
Buried Chapters menghadapi tantangan dalam mencapai jangkauan promosi yang diharapkan, terutama dalam menarik perhatian dan keterlibatan audiens. Untuk mengatasi hal ini, Talamedia menunjuk C4C sebagai konsultan untuk mengevaluasi dampak kampanye dan memberikan konsultasi strategis.
Sebagai langkah awal, C4C melakukan riset analitik media sosial untuk menilai kinerja kampanye saat ini. Hasil riset ini menjadi dasar bagi dokumen evaluasi dan rekomendasi untuk menjadi strategi yang dapat meningkatkan keterlibatan audiens serta memperkuat narasi
Buried Chapters itu sendiri.
Berikut adalah bagaimana kami membantu mereka dan pelajaran utama yang kami dapatkan dari proyek ini.
Memikirkan dan meninjau ulang teori perubahanTeori perubahan adalah alat sederhana yang digunakan untuk mengungkap asumsi awal kita tentang bagaimana sebuah kampanye dapat mencapai dampak yang diinginkan. Pendekatan ini didasarkan pada jalur kausal yang memetakan pemahaman kita tentang suatu permasalahan, penyebabnya, serta akar penyebabnya, sehingga memberikan kerangka yang terstruktur untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan perubahan.
Di bawah ini adalah contoh teori perubahan beserta jalur kausal yang menyertainya: