Beruntunglah mereka yang punya semangat ingin tahu (haus pengetahuan, bukan kepo) yang bagai tak bertepi.Ini mendorong kita agar terus mau bertanya dan mencari jawaban. Selain itu, haus pengetahuan dapat mengatasi rasa jenuh atau terjebak dalam situasi tanpa perubahan. Ibaratnya, kita jadi bisa menghibur diri dengan “Badan dan nasib boleh mandek, tapi ilmu maju terus.”
Selain untuk memperbaiki suasana hati, memuaskan rasa ingin tahu membantu melihat banyak sudut pandang yang berbeda. Tentu saja ilmu yang didapat boleh tidak langsung berkaitan dengan pekerjaan. Bayangkan betapa jenuhnya jika semua pengetahun hanya dicari demi pekerjaan.
Di C4C, haus ilmu adalah salah satu kredo kami. Pertama, pekerjaan kami berhubungan dengan perilaku manusia. Perilaku manusia tidak hanya dipengaruhi faktor personal (atau bahasa sehari-hari: “tergantung kepribadian masing-masing”) atau lingkungan terdekat. Mau tidak mau kita harus melihat pengaruh konteks sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sejarah terhadap perilaku.. Variabel determinan perilaku sangat banyak dan tidak ada satu orang pun bisa mendalami semuanya, maka gabungan pemahaman beberapa orang yang punya minat ingin tahu yang berbeda-beda akan sangat bermanfaat.
Alasan kedua, selain menganalisis perilaku manusia yang kompleks, kami juga harus membuat ide-ide komunkasi yang bisa memicu perubahan. Kami percaya “There is nothing new under the sun”, alias ide baru sebenarnya adalah kombinasi dari ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Jadi, untuk menghasilkan ide yang efektif harus ada banyak referensi tentang berbagai ide maupun pemikiran dari perspektif manapun.
Daftar topik “sumber dahaga” dari anggota tim kami
Tidak mengejutkan kalau nyaris semua anggota tim C4C penasaran tentang perilaku manusia. Contoh topik dalam kategori ini: irasionalitas perilaku manusia terutama yang berkaitan dengan identitas sosial dan “deep beliefs” seperti moralitas, agama, sistem nilai, atau norma sosial. Contoh topik lain adalah bagaimana mengubah perilaku manusia: kapan persuasi bisa efektif (termasuk iklan dan propaganda), dan bagaimana cara mengajar orang dewasa.
Selain itu, kami juga tertarik dengan kreativitas dan seni, misalnya bagaimana seniman, desainer, atau individu kreatif berpikir dan bekerja. Kami juga menggunakan seni sebagai media relaksasi untuk mengurangi stres dan kecemasan.
Kami pun juga tertarik tentang investasi, makanan, aplikasi, desain interior, kucing dan anjing, kesehatan mental, dan bahkan berita olahraga seperti NFL dan NBA!
Kami ingin membagikan media dan sumber informasi yang sering kami konsumsi untuk memuaskan rasa ingin tahu. Berikut adalah bahan bacaan, tontonan, podcast (atau menurut KBBI: siniar) pilihan kami. Siapa tahu Anda jadi tertarik untuk mencobanya.