Dengan fokus pada tema-tema yang dapat dirasakan oleh banyak orang—seperti menyeimbangkan pekerjaan dan hobi atau menemukan kebahagiaan sederhana di masa sulit—serial ini mampu menciptakan koneksi antara penonton dan komunitas adat.
Cara Kami Mempromosikan Serial serta Pelajaran yang DipetikUntuk memastikan lebih banyak orang menonton Manusia Nusantara, C4C menjalankan kampanye iklan berbayar di YouTube. Dari 11 Maret hingga 20 April 2024, kami mempromosikan serial ini melalui trailer dan teaser. Hasilnya adalah:
- Setiap teaser atau trailer mendapatkan rata-rata 13.000 tayangan.
- Setiap episode memperoleh rata-rata 6.000 tayangan.
- Secara keseluruhan, serial ini mendapatkan lebih dari 150.000 tayangan, jauh lebih banyak dibandingkan video bertema adat lainnya di YouTube.
Kampanye ini juga sangat terjangkau. Iklan berbayar menyumbang 94% dari jumlah tayangan, dan setiap tayangan hanya memakan biaya Rp50, jauh lebih rendah dibandingkan biaya rata-rata industri sebesar
Rp126 per tayangan.
Melalui proyek bersama AMAN, kami belajar bahwa:- Kisah tentang orang-orang nyata serta pengalaman spesifik mereka mampu memberikan dampak yang besar. Misalnya, cerita Tindoki tentang alat musik Karombi mereka memicu diskusi tentang musik tradisional di kolom komentar video.
- Mempromosikan serial ini dengan iklan YouTube membantu menjangkau lebih banyak orang. Biaya per tayangan yang rendah menunjukkan betapa efektifnya strategi ini.
Ayo Buat Kisah yang Menginspirasi Perubahan Bersama Kami!Kampanye Manusia Nusantara menunjukkan bagaimana storytelling dapat membangun pemahaman dan dukungan. Dengan membagikan pengalaman yang dapat dirasakan oleh semua golongan masyarakat, AMAN dan C4C membantu lebih banyak orang peduli terhadap isu-isu masyarakat adat.
Di C4C, kami percaya pada kekuatan cerita untuk menciptakan perubahan. Apapun tujuannya, baik itu meningkatkan kesadaran maupun mempromosikan sebuah tujuan, kami dapat membantu Anda menceritakan kisah lewat cara yang menyentuh hati. Hubungi kami sekarang untuk membuat pesan Anda tak terlupakan.