Lembaga yang ingin menyebarluaskan penelitian mereka secara efektif perlu memenuhi kebutuhan audiens mereka dan memastikan bahwa pekerjaan mereka menjangkau orang-orang yang akan mendapatkan manfaat darinya. Ini pengalaman kami melakukan diseminasi laporan penelitian keterlibatan kaum muda dalam isu iklim dan lingkungan di Indonesia.
PUSKAPA ingin meningkatkan reputasinya dan mendorong keterlibatan masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Tantangannya adalah menembus ruang gema dengan jangkauan yang terbatas. Dengan memanfaatkan strategi komunikasi yang disusun untuk memenuhi kebutuhan ini, kami membantu PUSKAPA untuk melibatkan audiens dan memperkuat dampaknya - sebuah upaya yang mungkin juga dapat mendukung kerja lembaga Anda untuk menyebarluaskan penelitian secara efektif.
Mengenal audiens sebelum diseminasi riset
Kami menyadari bahwa penelitian PUSKAPA menyoroti kesenjangan antara keterlibatan kaum muda dengan organisasi masyarakat sipil (OMS) dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi-organisasi tersebut. Untuk menjembatani kesenjangan ini, kami telah mengembangkan strategi yang terinspirasi dari format bursa kerja universitas, yang disebut Bursa Relawan Lingkungan.
Kami mengundang OMS seperti Think Policy, PAMFLET, Solar Generation, GERKATIN, dan Greenpeace untuk mendirikan stan yang mirip dengan perusahaan saat job fair untuk menarik relawan muda. Audiens kemudian mengunjungi stan-stan ini untuk menemukan platform aktivisme yang sesuai dengan minat mereka. Adaptasi konsep bursa kerja ini memastikan bahwa “pasokan” peluang sukarelawan memenuhi “permintaan” kaum muda yang antusias, membina hubungan yang bermakna dan meningkatkan keterlibatan.
Dengan memilih tempat kegiatan dan metode diseminasi yang disesuaikan dengan karakteristik anak muda, seperti mengadakan acara di MBloc Space-tempat pertemuan yang populer di kalangan anak muda - kami berusaha mendorong upaya diseminasi keluar dari ruang gema dan secara efektif menjangkau audiens yang dituju.
Menerjemahkan hasil riset menjadi infografis raksasa
Untuk menjangkau audiens yang beragam secara efektif, temuan penelitian perlu disajikan dalam berbagai format untuk mengakomodasi berbagai tingkat pemahaman. Kami menemukan bahwa infografis merupakan solusi yang ideal. Dengan menyajikan hasil penelitian dalam bentuk diagram visual mengenai tahapan atau garis waktu keterlibatan-atau ketidakterlibatan anak muda-dalam aktivisme lingkungan atau iklim, informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas dan menarik.
Menampilkan infografis ini sebagai latar belakang selama acara berlangsung memastikan bahwa peserta di semua tingkatan dapat dengan mudah memahami dan mengingat temuan-temuan utama, terlepas dari pengetahuan mereka tentang topik tersebut.
Mengganti laporan riset dengan sebuah microsite
Mengemas temuan penelitian sebagai latar belakang acara semi-publik hanyalah sebagian dari strategi. Untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mencari pemahaman yang lebih dalam atau implikasi praktis, solusi yang lebih komprehensif diperlukan. Sebuah microsite dibuat sebagai format yang ideal untuk tujuan ini.
Microsite mencakup infografis yang diadaptasi dari tahap sebelumnya untuk keterlibatan digital berupa teks ringkasan yang dapat dibaca dalam waktu sekitar lima menit, dan tautan untuk mengunduh laporan penelitian lengkap. Pendekatan ini memastikan bahwa khalayak umum dan mereka yang membutuhkan wawasan yang lebih rinci dapat mengakses informasi secara efisien.
Menggunakan permainan dengan tema aktivisme iklim untuk mendorong keterlibatan
Untuk menghidupkan suasana dan mendorong interaksi peserta, kami menciptakan sebuah permainan yang melibatkan peserta dalam lanskap aktivisme lingkungan dan iklim kaum muda. Permainan ini memandu para pemain melalui berbagai peluang, faktor pendukung, dan kendala yang memengaruhi agenda iklim mereka. Dengan terlibat dalam tantangan dan skenario permainan, para pemain mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang medan dan hambatan yang dihadapi oleh para aktivis muda.
Tujuan kami adalah agar para pemain memahami seluk-beluk aktivisme iklim dan lingkungan serta memicu rasa ingin tahu mereka, mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih jauh dan menjadi lebih terlibat dalam isu-isu penting ini.
Tentu tidak ketinggalan, Anda harus mempromosikan kegiatannya
Sebelum kegiatan, kami mengoptimalkan liputan yang melibatkan pengintegrasian iklan media sosial dengan konten dinamis dan grafik bergerak. Dengan menggunakan iklan media sosial, kami dapat menjangkau audiens yang spesifik secara lebih efisien dan memastikan bahwa pesan-pesan utama tentang acara yang akan datang dapat dilihat oleh calon peserta. Untuk melengkapi iklan-iklan ini, kami mengembangkan konten yang menarik dan grafik bergerak yang menarik perhatian dan mengomunikasikan sorotan utama acara dengan cara yang menarik secara visual.
Pendekatan ini tidak hanya membangun kegembiraan, tetapi juga memberikan narasi yang kohesif di berbagai platform, memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan bahkan sebelum acara dimulai. Sinergi antara iklan yang ditargetkan dan visual kreatif secara efektif memperkuat jangkauan kami dan mengatur panggung untuk acara yang sukses.
Menerobos ruang gema dan menyebarkan hasil penelitian secara efektif membutuhkan pendekatan strategis yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens Anda. Kami hadir untuk membantu Anda menyusun strategi komunikasi yang tidak hanya menjangkau, tetapi juga beresonansi dengan audiens yang Anda tuju.
Untuk berdiskusi bagaimana kami dapat mendukung lembaga Anda dalam mencapai diseminasi penelitian yang berdampak, kami mengundang Anda untuk menjadwalkan sesi konsultasi gratis.
Klik tombol di bawah untuk membuat janji temu dan mengambil langkah pertama untuk memperkuat dampak penelitian Anda!