Pameran juga menyediakan tautan ke halaman web yang memuat ringkasan hasil penelitian dengan informasi lebih lengkap. Pengunjung pun dapat mengunduh laporan penuh lewat laman tersebut untuk pemahaman lebih detail, serta mendaftar untuk notifikasi pembaruan di masa mendatang.
Untuk menambah pengalaman pengunjung, kami mengadakan sesi talk show harian yang membahas temuan penelitian. Setiap sesi menghadirkan panelis dari berbagai latar belakang, seperti organisasi masyarakat sipil (OMS), donor, media, dan akademisi.
Acara memperoleh tanggapan positif dari pengunjungRespons pengunjung secara keseluruhan menunjukkan bahwa penyampaian temuan melalui format pameran membuahkan hasil yang menggembirakan.
Para pengunjung mengatakan bahwa mereka tidak hanya mendapatkan informasi baru dari pameran, tetapi juga ide dan inspirasi untuk pekerjaan mereka terkait perubahan iklim. Seorang staf dari lembaga riset global non-profit mengatakan bahwa wawasan yang ia dapatkan dari penelitian ini sangat berguna untuk membantu organisasinya menentukan cara terbaik berinteraksi dengan audiensnya.
Pengunjung lain yang bekerja di lembaga non-profit Indonesia yang berfokus pada kebijakan transisi energi mengatakan bahwa pameran ini menunjukkan pendekatan yang lebih mudah dipahami oleh target audiens organisasinya, serta menyadarkannya untuk tidak hanya memaksakan sudut pandang sebagai peneliti. Lebih lanjut, terdapat pula beberapa guru yang menyatakan tertarik untuk memasukkan metafora “selimut polusi” ke dalam materi ajarnya.
Selain testimoni dari pengunjung, acara ini juga mendapatkan liputan media yang positif, termasuk dari
Tempo,
Islami.co, dan
Greeners.co.
Selama tiga hari, kami mencatat ada 177 pengunjung yang terdaftar. Namun, dengan adanya pengunjung yang datang tanpa mendaftar, total pengunjung diperkirakan mencapai 200 orang.
Menyesuaikan metode diseminasi riset dapat meningkatkan dampaknyaBiasanya, penelitian hanya disebarkan dalam bentuk laporan kepada orang-orang yang sudah memahami atau tertarik pada topik tersebut. Namun, agar penelitian bisa memengaruhi pemikiran, perilaku, atau kebijakan, kita harus tahu cara menyampaikannya agar mudah diakses dan dimengerti oleh semua pemangku kepentingan, yang mungkin memiliki latar belakang dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.
Di C4C, kami percaya bahwa tidak ada formula yang cocok untuk semua situasi. Jika Anda ingin mengetahui cara menyebarkan penelitian secara menarik dan mampu menginspirasi audiens, segera buat janji konsultasi dengan kami.